Kamis, 26 Juli 2018

Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Berbahan Dasar Serabut Kelapa




Kegiatan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari serabut kelapa merupakan salah satu program kerja dari Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok 49 Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan pelatihan ini tercetus dari hasil survei yang telah dilakukan sebelumnya oleh tim KKN 49 di Desa Beluk Raja Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep, dimana di Desa Beluk Raja terdapat begitu banyak serabut kelapa yang tidak dimanfaatkan, dan warga hanya memanfaatkan serabut kelapa sebagai bahan bakar untuk memasak. Padahal jika dilakukan pemanfaatan lebih lanjut terhadap serabut kelapa, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar terutama masyarakat Beluk Raja itu sendiri. Salah satu bentuk pemanfaatan serabut kelapa ini adalah dengan memanfaatkannya sebagai bahan baku pembuatan Pupuk Organik Cair (POC).
Pemanfaatan serabut kelapa sebagai Pupuk Organik Cair dipilih karena selain serabut kelapa yang begitu melimpah di Desa Beluk Raja juga karena dalam serabut kelapa megandung banyak unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman, sehingga sesuai jika dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan Pupuk Organik Cair (POC). Unsur hara alami yang terkandung di dalam serabut kelapa yang sangat di butuhkan tanaman dalam proses pertumbuhan tanaman adalah Kalium. Kalium sendiri berfungsi untuk meningkatkan proses fotosintesis, pembentuk batang yang lebih kuat, memperkuar akar dan meningkatkan ketahanan tanaman. Selain itu juga terdapat unsur lain seperti magnesium (mg), kalsium (Ca), Natrium (Na), dan fosfor (P) dalam serabut kelapa.
Pupuk Organik Cair dari serabut kelapa memiliki manfaat yang tidak kalah dengan pupuk kimia atau urea. Manfaatnya yaitu dapat mendorong dan meningkatkan pembentukan klorofil daun dan pembentukan bintil akar, sehingga meningkatkan kemampuan fotosintesis dan penyerapan nitrogen dari udara. Dapat meningkatkan vigor tanaman, sehingga tanaman menjadi lebih kokoh dan kuat, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap cuaca dan serangan hama. Merangsang pertumbuhan cabang produktif, meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah serta mampu mengurangi gugurnya daun, bunga dan bakal buah. 
Pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari serabut kelapa diikuti oleh masing-masing ketua kelompok tani yang ada di Desa Beluk Raja dan dihadiri Penyuluh Pertanian Lapangan dari kecamatan Ambunten serta penanggung jawab sementara Desa Beluk Raja. Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Beluk Raja pada tanggal 25 Juli 2018. Antusiasme peserta mengikuti pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) sangat tinggi, mengingat bertani merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Desa Beluk Raja selain menjadi nelayan. Selain itu bahan pembuatan pupuk organik cair dari serabut kelapa yang mudah didapatkan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal, semakin menambah antusias masyarakat yang diwakili ketua kelompok tani utuk dapat menerapkannya setelah acara pelatihan berlangsung.
Alat dan bahan pembuatan Pupuk Organik Cair dari Serabut Kelapa yaitu Wadah (Ember/ Tong Bekas/ Jerigen), Pisau/ Parang, Serabut kelapa kering 1 kg, Gula merah 100 gram, EM4 100 ml, Air 10 liter.  Sementara untuk prosedur pembuatan pupuk organik cair serabut kelapa yaitu langkah pertama adalah melakukan pemotongan dan penguraian serabut kelapa, pemotongan bisa dilakukan dengan mesin pengurai serabut kelapa. Kemudian masukkan ke dalam wadah, larutkan gula merah dengan 10 liter air, kemudian campurkan larutan gula merah tadi dengan EM4, tuangkan larutan tersebut ke dalam ember yang berisi potongan serabut kelapa, lalu di tutup rapat, buka tutup ember setiap pagi selama beberapa detik untuk membuang gas yang timbul, simpan pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan biarkan selama 2 minggu. 
Cara penggunaan pupuk organik cair serabut kelapa jika di aplikasikan pada akar  yaitu dengan mencampurkan 1 bagian pupuk organik cair serabut kelapa dengan 3 bagian air bersih. Lalu kucurkan pada tanaman dengan dosis 2 ml/ tanaman. Pengamplikasian ini dilakukan satu minggu sekali. Sementara untuk di aplikasikan pada daun yaitu dengan mencampurkan 1 bagian pupuk organik cair dengan 5 bagian air bersih. Lalu kucurkan pada tanaman 2 ml/ tanaman. Pengamplikasian ini dilakukan satu minggu sekali.
Dengan proses pembuatan yang sederhana serta bahan baku pupuk organik cair dari serabut kelapa yang sangat mudah didapatkan, diharapkan untuk kedepannya masyarakat terutama para petani di Desa Beluk Raja dapat memproduksi pupuk sendiri tanpa harus bergantung kepada pupuk kimia atau urea yang jika dibandingkan harganya jauh lebih mahal. Selain untuk memajukan bidang pertanian yang ada di Desa Beluk Raja, adanya Pupuk Organik Cair (POC) dari serabut kelapa juga diharapkan mampu meningatkan taraf ekonomi masyarakat Desa Beluk Raja dengan cara memproduksi sendiri untuk kemudian di pasarkan.

1 komentar:

  1. Luar bisa, sederhana, murah dan efisien serta memanfaatkan potensi lokal.
    semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

    BalasHapus

Diversifikasi Pangan dengan Olahan Nugget Daun Kelor dan Sempol Ikan oleh KKN TEMATIK 49 UTM 2018 di Desa Beluk Raja, Ambunten, Sumenep

Sebagai salah satu desa yang terletak di daerah pesisir utara pulau Madura, desa Beluk Raja memiliki sumber daya laut yang melimp...