Selasa, 31 Juli 2018

Pentol Gepe’ "Khas" Ambunten, Sumenep


Mendengar nama “pentol” pasti yang terbayang adalah pentol bakso seperti yang biasa kita temukan dimana-mana. Berbeda dengan Pentol Gape’ buatan masyarakat Kecamatan Ambunten,  Kabupaten Sumenep,  Jawa Timur  yang saat ini lagi hits dikalangan muda-mudi ujung timur pulau Madura.
 Pentol ini berbahan dasar dari ikan tongkol, dimana ikan tongkol merupakan salah satu hasil laut yang utama di daerah ambunten. Sehingga masyarakat memanfaatkan ikan tongkol ini sebagai bahan utama pembuatan Pentol Gape’. Ikan tongkol yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan pembuatan pentol pada umumnya, bedanya tidak ada campuran daging atau ayam. Selain itu dari segi bentuk juga berbeda dengan pentol pada umumnya, yaitu dibuat bulat besar dan dipipihkan dengan menggunakan alat penjepit yang terbuat dari besi. Karena proses pembuatannya yang dijepit maka dinamaknlah “Pentol Gape”.
Pentol Gape’ bisa disajikan dengan dua cara yaitu bentuk basah dan kering. Pentol Gape’ basah dibuat dengan cara proses dipanggang sedangkan Pentol Gape’ kering langsung dicetak dan dijemur kemudian baru digoreng kering. Pentol Gape’ disajikan dengan bumbu khusus yang salah satu bahannya terbuat dari tepung kanji yang dicampur rempah-rempah seperti bawang putih, kemiri serta bumbu-bumbu sambal pada umumnya tanpa petis dan terasi. Selain itu bisa juga disajikan dengan bumbu khas madura menggunakan petis,  yang di ulek dengan gula merah kemudian ditambah cabai sesuai selera. Rasa pedas dan gurih tentu yang akan dirasakan saat pertama kali mencicipi kuliner yang satu ini.
Rasa seafood tentu banyak mewarnai lataran yang ditonjolkan adalah bahan ikan tongkol yang dihaluskan. Daya pikatnya, selain memiliki ukuran besar harganya juga sangat murah yaitu hanya Rp 1000 per lembarnya. Bila dikonsumsi dalam keadaan masih hangat, luar biasa nikmatnya. Pentol Gape’ ini sudah menjadi kuliner khas masyarakat Ambunten. Hmmmm.... yummmyy.... Saat ini Pentol Gape’  menjadi ladang ekonomi baru bagi masyarakat. Begitulah gambarannya, sekali kita merasakan pasti akan ketagihan. Pengen nambah dan nambah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diversifikasi Pangan dengan Olahan Nugget Daun Kelor dan Sempol Ikan oleh KKN TEMATIK 49 UTM 2018 di Desa Beluk Raja, Ambunten, Sumenep

Sebagai salah satu desa yang terletak di daerah pesisir utara pulau Madura, desa Beluk Raja memiliki sumber daya laut yang melimp...